Monday, March 18, 2013

Bahasa Arab Pemula 02 : Pengertian Nahwu dan Shorof

Para pembaca yang budiman, Selamat datang kembali di artikel berseri "Bahasa Arab Pemula". Pada edisi ke-2 ini kita akan sedikit mengenal pengertian NAHWU dan SHOROF. Apakah Anda pernah mendengar dua kata tersebut sebelumnya? Mungkin diantara pembaca sudah ada yang pernah mendengarnya, tetapi mungkin juga ada yang belum pernah sama sekali. Jangan khawatir, dalam artikel kali ini kita akan belajar pengertian dua kata tersebut.

Tata Bahasa Arab secara garis besar terdiri dari dua hal, yaitu Nahwu dan Shorof


Nahwu adalah kaidah atau aturan dalam tata bahasa Arab yang mengatur hubungan antar kata. Dalam istilah yang lebih umum disebut ilmu Sintaksis. Menurut kitab Mulakhos Qowaidul Lughoh, Nahwu adalah ilmu yang mempelajari kaidah untuk mengenal fungsi-fungsi kata yang masuk pada kalimat, mengenal hukum akhir kata, dan untuk mengenal cara mengi’rob

Shorof adalah kaidah atau aturan dalam bahasa Arab yang mengatur perubahan suatu kata ke bentuk lainnya. Dalam istilah ilmu bahasa disebut Morfologi. Bahasa Arab bisa menjadi bahasa yang berusia sangat tua seperti saat ini salah satu penyebabnya karena bahasa Arab mempunyai Shorof ini. Sehingga apabila ada kosa kata baru yang muncul dalam bahasa Arab langsung dapat diketahui bahasa Arabnya dengan ilmu Shorof.

Para Pembaca yang budiman. Secara singkat dapat saya simpulkan bahwa Ilmu Nahwu adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar kata dalam bahasa Arab, Sedangkan Ilmu Shorof adalah ilmu yang mempelajari perubahan bentuk suatu kata.

Apabila Anda tidak setuju dengan pengertian di atas dan mempunyai pendapat yang lain, dapat Anda bagi ke pembaca yang lain melalui kotak komentar di bawah. Selamat Belajar!

Tidak mau ketinggalan update artikel terbaru? masukkan alamat Email Anda di kolom berikut, klik BERLANGGANAN. Lalu login ke email Anda dan klik link yang kami kirimkan. Kami akan mengirimkan artikel terbaru ke Email Anda GRATIS!!:

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment